oleh

JAPRI Sulsel Siap Kawal Pemilu Tahun 2019 di Makassar

-Berita, Politik-1.645 views

Makassar, BestNews19 – Jaringan Pemantau dan Riset Indonesia (JAPRI) Sulawesi Selatan melakukan kegiatan sosialisasi dan menggalang dukungan berupa penandatanganan dukungan masyarakat Sulawesi Selatan untuk mewujudkan pemilu 2019 yang adil dan berintegritas di anjungan pantai Losari (07/04/2019).

Kegiatan ini menyikapi fenomena maraknya bentuk-bentuk kampanye yang mengangkat isu-isu yang mengandung unsur hoax dan ujaran kebencian terkhusus di media sosial. Belum lagi bentuk-bentuk kampanye dan mobilisasi yang berujung pada tindakan money politik.

JAPRI Sulawesi Selatan sebagai lembaga pemantau pemilu berpandangan bahwa peran aktif masyarakat sangat diperlukan guna mengidentifikasi serta melaporkan setiap tindakan pelanggaran pemilu disekitarnya, hal ini tentunya juga akan mempermudah Bawaslu dimasing-masing tingkatan dalam mencegah dan menindak pelanggaran pemilu demi terlaksananya pemilu yang bersih dan berintegritas.

Sementara itu, Korwil JAPRI Sulsel Syahrul saat ditemui awak media BestNews19.com mengatakan “kegiatan tersebut merupakan bentuk pernyataan dan komitmen dari masyarakat untuk berperan aktif terwujudnya pemilu berintegritas.

Kata dia, “Melalui kegiatan ini japri menyampaikan 5 poin seruan, Pertama mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya, kedua mengajak masyarakat melawan hoax, ketiga mengajak masyarakat untuk tidak melakukan ujaran kebencian dan caci maki, Empat mengajak masyarakat menolak money politik, Kelima mengajak masyarakat mengawasi pemilu jika ada pelanggaran laporkan di JAPRI”.

Dalam kesempatan tersebut Korwil JAPRI Sulawesi Selatan juga memperkenalkan aplikasi Japri yang telah tersedia di Google play. Aplikasi tersebut tentunya diharapkan mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal pemilu dan juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pemilu yang bersih dan berintegritas”, jelas Syahrul.

Abdul Salam, salah satu warga yang ikit membubuhkan tanda tangan kata dia, “bagus ini tawwa, sebagai komitmen bersama bahwa masyarakat ikut terlibat dan mengambil peranan dalam menjaga situasi dan kondisi selama pemilu”, ungkapnya.

Hal senada disampaikan Irwan Hidayat sebagai koordinator bidang jaringan antar lembaga JAPRI SULSEL, kata dia kepada awak media BestNews19.com “kami sangat mengapresiasi sambutan positif masyarakat yang berkomitmen penuh dalam mengawal dan mensukseskan pemilu 2019 khususnya di Sulawesi Selatan”.

Diakhir penjelasannya kepada awak media Irwan menambahkan bahwa, “Harapan JAPRI SULSEL adalah bagaimana partisipasi aktif dan komitmen masyarakat dalam mengawal dan menyukseskan pemilu yang bersih dan berintegritas, dan hari ini masyarakat Sulawesi Selatan menunjukkan komitmen bersama dalam bentuk penandatanganan petisi”, tutupnya (Dento).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed