1 Karyawan Cedera, Saat Tanur Peleburan PT Growth Asia Belawan Meledak

BELAWAN, BestNews19.com – Sebuah tungku pemasak besi (Tanur Peleburan) milik PT Growth Asia yang berada di Jalan Jawa Kawasan Industri Medan (KIM) I Mabar Kecamatan Medan Deli, Kabupaten Deliserdang, Sumut, meledak.

Selain mengeluarkan suara ledakan yang cukup keras, pada Jumat malam tanggal 09 Agustus 2019 sekira pukul 23:30 WIB, insiden ini juga telah membuat seorang karyawan peleburan besi bernama Janto Masner (42), warga Belawan, Kabupaten Deliserdang, Sumut langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Mitra Medika di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tanjungmulia Kecamatan Medan Deli, Kabupaten Deliserdang, Sumut guna mendapat perawatan medis, Sabtu (10/08/2019) pagi.

Informasi yang diperoleh di lokasi kejadian, ledakan keras tersebut terdengar hingga radius berjarak 15 kilometer sehingga mengejutkan ratusan kepala keluarga yang bermukim di luar areal KIM I tersebut. Ledakan tersebut sempat menimbulkan kobaran api namun berhasil dipadamkan dengan menggunakan racun api.

Setelah terjadi ledakan yang menggegerkan warga tersebut, ratusan warga berhamburan keluar dari rumah untuk mencari tau asal ledakan tersebut. Bahkan puluhan karyawan pabrik berhamburan menyelamatkan diri saat ledakan terjadi. Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis dan Kapolsek Medan Labuhan AKP Edy Safari yang mendapat informasi adanya ledakan tersebut langsung turun ke lokasi kejadian sekaligus melihat tanur peleburan besi yang meledak tersebut.

Kepada pihak perusahaan dan sejumlah karyawan, Kapolres Pelabuhan Belawan mengimbau agar keselamatan kerja para karyawan tetap diutamakan. “Saya meminta agar keselamatan pekerja seperti perlengkapan tubuh dan perlengkapan industri harus diutamakan agar terhindar dari resiko yang tidak kita inginkan, untuk seluruh pekerja juga diharapkan utamakan ke disiplinan dan berhati-hati dalam menjalankan pekerjaanya,” tegas Kapolres.

Sementara itu, sejumlah warga mengaku mendengar ledakan yang cukup keras bahkan sempat menimbulkan getaran keras di dalam rumah mereka. Ledakan keras membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah mencari dari mana ledakan ini berasal .

“Setelah kami cek ternyata sejumlah karyawan pabrik Growth Asia terlihat  berhamburan keluar pabrik karena salah satu tungku pemasak besi yang ada di industri itu meledak,” sebut Tampubolon (40), warga Mabar yang datang ke lokasi pabrik peleburan besi tersebut.

Sedangkan salah seorang perwakilan dari PT Growth Asia menyebutkan salah seorang kayawan terkena uap panas yang di timbulkan meledaknya Tanur pemasak besi yang meledak sehingga menderita luka bakar.

“Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Mitra Medika. Ini semua murni kecelakaan kerja,” sebut perwakilan Humas pabrik yang tidak mau disebut namanya.

Sampai saat ini Humas PT Growth Asia belum memberi keterangan secara detail terkait kejadian tersebut. Api sempat dipadamkan dengan cara menggunakan tabung pemadam kebakaran atau yang lebih dikenal dengan fire extinguisher (Racun Api ) milik perusahaan tersebut.

Sementara itu, pihak Polsek Medan Labuhan sudah memasang garis polisi (police line) di tempat kejadian perkara (TKP) sekaligus memintai keterangan dari petugas sekuriti. (Srw/Dnt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *