Lapekom Energi Baru Hadir untuk Pendidikan di Kota Parepare

SULSEL|PAREPARE, BestNews19 — Lembaga Pengkajian Edukasi, Komunikasi dan Masyarakat (Lapekom) kembali hadir setelah vakum aktivitas beberapa tahun terakhir. Hal itu ditandai dengan restrukturisasi kepengurusan di tubuh Lapekom.

Pertemuan perdana pengurus Lapekom itu digelar di rumah pribadi, Ketua Demisioner Lapekom, Prof Dr Amaluddin di Lapadde, Kota Parepare, beberapa waktu lalu.

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pengurus Lapekom diantaranya Penasehat Lapekom, Prof Dr Siri Dangnga. Ada pula pengurus dan pendiri Lapekom, Tri Astoto, Umar dan Prof Amaluddin. Juga ada Parman Farid, mantan Ketua Lapekom dan sejumlah pengurus lainnya.

Ketua Demisioner Lapekom, Prof Amaluddin mengatakan, dalam dua tahun terakhir Lapekom memang kurang aktif membuat kegiatan dan melakukan advokasi.

Selain karena Pandemi Covid-19, juga karena kesibukan masing-masing pengurus mengerjakan tugas-tugasnya. Namun, kata Amaluddin, Insya Allah dalam waktu dekat akan berupaya membuat pertemuan antar pengurus sekaligus melakukan rapat kerja.

“Lapekom yang berdiri sejak 2001 telah berkiprah dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan. Khususnya di Kota Parepare. Prestasi Lapekom yang amazing adalah menginisiasi lahirnya Perda Pendidikan bersama Dewan Pendidikan dan berdirinya SMA Negeri 5 Unggulan Parepare,” kata Amaluddin yang merupakan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Parepare. Pernyataan tersebut dibenarkan Umar, Sekretaris Demisioner Lapekom.

Penasehat Lapekom, Prof Dr Siri Dangnga berharap pertemuan antar pengurus bisa dilakukan secara berkala. Tujuannya sebagai ajang silaturahim dan saling menyemangati. Selain itu, kata Prof Siri, mendiskusikan berbagai persoalan tentang pendidikan. Termasuk mencarikan solusinya.

“Jika sering ada pertemuan, maka bisa saling memberi semangat dan berbagi informasi. Sehingga organisasi ini bisa tetap eksis dan memberi manfaat,” harap mantan Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare ini.

Dalam pertemuan tersebut, Umar Sekretaris Demisioner Lapekom mengumumkan pengurus baru periode 2021. Yakni Ketua, Dr Zaid Zainal (Dosen Universitas Negeri Makassar Kampus V Parepare), Sekretaris Alfiansyah Anwar (Dosen IAIN Parepare dan Praktisi Media).

Ketua Lapekom yang baru, Zaid Zainal berharap Lapekom bisa kembali bangkit dan berjaya dengan cara kekinian. “Penggunaan teknologi informasi masa kini dan digitalisasi penting untuk mendorong kemajuan pendidikan,” ujar lulusan Strata Tiga (S3) Institut Teknologi Malaysia, Jurusan Pendidikan Matematika ini kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Di kepengurusan baru Lapekom ini, lanjut Zaid Zainal, akan mensinergikan akademisi senior dan akademisi muda yang melek teknologi informasi.

“Jadi Lapekom ini nantinya akan diurus akademisi muda. Sehingga Lapekom hadir dengan energi baru untuk kemajuan Pendidikan di Kota Parepare. Nah, inilah menjadi dasar akan bangkitnya kembali Lapekom,” ujar Zaid Zainal. (Sanji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *