Bawaslu dan KPU Sumut Ikut Awasi Jalannya PSU di Humbahas

MEDAN, BestNews19.com – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) turut serta mengawasi dan memantau jalannya proses Perhitungan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 19 Agustus 2019, di 160 TPS di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas).

Komisioner Bawaslu Sumut, Marwan saat dihubungi wartawan via ponsel, Senin tanggal 19 Agustus 2019 sore, mengatakan Bawaslu Sumut turut serta didalam mengawasi jalannya PSU terhadap ratusan TPS yang berada di Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) (20/08/2019).

“Benar, kami sekarang sedang berada di Dolok Sanggul, ” terang Marwan. Selain mengawasi jalannya PSU, kehadiran Bawaslu Sumut juga ingin memastikan pelaksanaan PSU di ratusan TPS berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi PSU ini merupakan satu-satunya dari sekian banyak gugatan PHPU yang dikabulkan di MK untuk daerah Sumut.

Untuk itu, Bawaslu telah mengirim dan mengutus Ketua dan anggota Bawaslu Sumut guna melihat dari dekat tentang pelaksaan PSU sekaligus mendampingi Bawaslu Kabupaten Humbang Hasudutan.

“Disini kami ada enam orang turut mengawasinya,” jelas Marwan lagi sembari menjelaskan PSU dimulai pada 19 -21 Agustus 2019 pada pukul 08.00 WIB yang dilaksanakan langsung oleh KPU Humbang Hasudutan bertempat di salah satu lapangan bola yang ada di Kecamatan Dolok Sanggul .

PSU dilakukan petugas KPPS dan PPK yang telah ditunjuk oleh KPU Humbang Hasudutan guna  membuka dan menghitung kembali suara yang ada di kertas plano C1 sesuai dengan perintah MK. “Yang dibuka kertas planonya saja guna dihitung ulang kembali,” pungkas  Marwan (Srw/Dnt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *