by

Stok Darah Menipis di PMI Makassar, Personil Detasemen Gegana Polda Sulsel, Lakukan Donor Darah

MAKASSAR, BestNews19.com – Mewabahnya Corona Virus Disease (Covid – 19) yang dibarengi dengan wabah demam berdarah yang terjadi di Kota Makassar membuat permintaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar meningkat drastis sehingga stok darah yang ada di PMI Kota Makassar kian menipis.


Menanggapi hal tersebut diatas, pagi ini Jum’at, 29 Mei 2020, Detasemen Gegana Polda Sulsel mengadakan kegiatan di Aula serba guna Polda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 16 yang bertajuk Kegiatan Donor Darah Personel Polda Sulsel” bekerja sama dengan pihak PMI Kota Makassar.


Dalam kegiatan ini, Polda Sulsel melibatkan personel Satuan Brimob Polda Sulsel yang terdiri dari Personel Makosat Brimob, Personel Batalyon A Pelopor dan Personel Detasemen Gegana.


Personel Detasemen Gegana dipimpin oleh Iptu Afrisal Dikrantoro, S.H sudah berada di Aula serba guna sejak pukul 07.00 Wita untuk melaksanakan kegiatan donor darah ini.


“Dari jam 07.00 Wita pagi sudah disini, supaya nanti personel Gegana yang donor darah tidak terlalu antri dan tetap menerapkan physical distance saat kegiatan berlangsung”, ucap Iptu Afrisal yang sehari – harinya menjabat sebagai Pasi Min Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel.


Personel Den Gegana sebelum mendonorkan darahnya terlebih dahulu melaksanakan pengisian data diri kemudian dilanjutkan pengecekan suhu badan, tensi dan tinggi badan serta berat badan. Tahap selanjutnya yaitu memeriksakan golongan darah dan barulah mendononorkan darahnya.


“Semua yang akan mendonorkan darahnya harus memalui tahap – tahap itu guna mencegah hal – hal yang tidak diinginkan pada saat donor darah berlangsung”, ungkap salah seorang petugas PMI Kota Makassar.


Komandan Detasemen Gegana Kompol Sahruna Nasrun, S.E., M.M yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kegiatan personel Detasemen Gegana tersebut.


“Iya benar. Tadi personel berangkat ke Polda dipimpin Pasi Min untuk kegiatan donor darah”, ucapanya.


Sahruna menambahkan bahwa “pelibatan personel Brimob khususnya personel Detasemen Gegana dalm kegiatan ini guna membantu mengisi kekurangan stok darah yang ada di PMI Kota Makassar” (Nis/C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed