by

Jaga Kwalitas Pasca Panen, Babinsa Tanjung Tengah, Bantu Jemur Padi Petani

PENAJAM, BestNews19.com – Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU, Serda Herry membantu Bardi warga RT 04 Poktan Sinar Jaya, Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU (Penajam Paser Utara) menjemur padi jenis mayas sebanyak 20 karung dari hasil sawah seluas 1 Ha, Senin, (22/06/2020).

Serda Herry mengatakan, “Setiap padi yang sudah di panen harus di jemur terlebih dahulu biar tidak busuk dan lebih terawat ketika dalam karung, Ini merupakan kebiasaan turun termurun bagi petani yang berada di kelurahan Tanjung Tengah, usai memanen padi tersebut langsung di jemur biar segar dan terjaga dengan baik ketika dimasukan kedalam karung, padi tidak busuk,” kata Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah tersebut.

Dikatakannya, hampir seluruh petani di wilayah Sungai Telang ini, ikut menjemur padi mereka yang sudah dipanen. Selain menjaga untuk mutu padi, agar buah padi terjaga dengan baik pasca panen.

“Selaku Babinsa, kami akan terus melaksanakan pendampingan khusus kepada seluruh poktan di wilayah binaan saya. Kita ingin, semua petani kita senang dan ekonomi bisa membaik dengan hasil panen yang berkualitas,” katanya.

Sementara, Bardi selaku pemilik padi sangat senang kepedulian babinsa kepada seluruh petani. Mulai dari musim tanam, monitoring tanaman padi, hingga panen. “Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI dalam hal ini, Babinsa maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara petani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksumal,” kata Bardi (Agp/Dnt).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed