Pangdam XII/Tpr Lepas Pelaku Latihan YTP Yonif Raider 641/Bru ke Puslatpur Baturaja

PONTIANAK, BestNews19.com – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad secara resmi melepas Pelaku Latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Bru TA 2021 ke Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad di Martapura, Batu Raja, Sumatera Selatan. Upacara pelepasan berlangsung di Pelabuhan Dwikora, Pontianak.

Sebanyak 772 Prajurit Tanjungpura yang tergabung dalam Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif Raider 641/Bru akan melaksanakan Pergeseran Pasukan lintas laut dari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju ke Pelabuhan Panjang Lampung melalui Operasi Pendaratan Administrasi oleh TNI AL menggunakan KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Teluk Banten 516. Latihan YTP akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 13 September 2021 di Puslatpur Kodiklatad. (22/08/2021).

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjelaskan, Latihan YTP Yonif Raider 641/Bru TA 2021 dilaksanakan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI khususnya dalam mengamankan wilayahnya dari berbagai ancaman, baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.

“Adapun tujuan latihan ini yaitu, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan satuan tingkat Batalyon yang diperkuat Satbanpur dan Satbanmin yang meliputi aspek Kodal, prosedur pengambilan keputusan taktis, prosedur bantuan tembakan, bantuan tempur dan bantuan administrasi sebagai bagian dari operasi darat sekaligus menguji doktrin lapangan Batalyon Tim Pertempuran dalam operasi serangan,” jelasnya.

Untuk keberhasilan latihan, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menekankan kepada para pelaku latihan agar, pertama, pelaku agar fokus pada tujuan dan sasaran latihan. Kedua, mengutamakan prinsip Zero Accident pada saat latihan. Ketiga, mengembangkan materi yang diterima agar dapat dengan mudah di aplikasikan dengan baik di wilayah penugasan.

“Kemudian keempat, selalu melaksanakan tindakan taktis dan buddy system dalam setiap kegiatan untuk menimbulkan naluri tempur. Kelima, menjaga faktor keamanan Personel dan Materiil serta melaksanakan prosedur protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap kegiatan, dan keenam, iringi setiap langkah dengan berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Selanjutnya Pangdam XII/Tpr mengucapkan selamat jalan dan selamat berlatih kepada para prajurit yang tergabung dalam Batalyon Tim Pertempuran Yonif Raider 641/Beruang. Serta berpesan agar dapat meraih prestasi dengan penuh rasa keyakinan dan optimisme yang tinggi.

“Laksanakan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab, hindari penyalahgunaan media sosial, dengan tidak mengunggah video atau foto di akun pribadi kalian, baik kegiatan di satuan ataupun di daerah Latihan. Ingat, kalian membawa nama baik satuan dan Kodam XII/Tpr, keberhasilan dalam latihan berarti pula keberhasilan Kodam XII/Tpr dalam pembinaan satuan,” pesannya mengakhiri (Rls/Ajeng).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *