Peserta Tes CAT Panwascam Keluhkan Dugaan Kecurangan Bawaslu Pinrang, Ini Jawaban Ketua Bawaslu Pinrang

PINRANG, BestNews19.com – Beberapa peserta calon Panwascam se Kabupaten Pinrang keluhkan dugaan kecurangan oknum Bawaslu Kabupaten Pinrang pada saat kegiatan tes CAT berlangsung di SMKN 1 Pinrang Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan salah satu peserta tes inisial SZ mengatakan kepada awak media bahwa dirinya terang terangan melihat salah satu oknum anggota Bawaslu (panitia) mengajar peserta dengan memberikan informasi jawaban pada layar komputer saat tes berlangsung.”

Dan kecurangan itu terjadi di salah satu ruangan tes anggota Panwascam yang berlokasi di SMKN 1 Pinrang Sulawesi Selatan.

Senada dengan itu peserta lainnya inisial ZL juga mengatakan, saya lihat langsung pak, oknum itu mengajarkan jawaban dari soal – soal pertanyaan yang ada di layar Komputer .”

Dan seolah olah oknum itu tidak memperdulikan peserta yang lainnya bahwa jika hal ini ketahuan akan mencoreng nama baik ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (17/10/2022).

Yang mana sepengetahuan saya sistem tes Panwascam ini sangat ketat, karena saat hendak masuk kedalam ruangan kita melalui proses pemeriksaan dari pihak aparat Kepolisian yang di mulai dari handphone, catatan, jaket dan tas milik kita harus di titipkan di bagian penitipan barang yang juga dijaga oleh panitia dari pihak Bawaslu Pinrang.

Tapi ternyata yang terjadi malah lebih parah lagi, malah kecurangan itu terjadi di dalam rungan lokasi tes CAT berlangsung dan secara terang terangan.” Ujar ZL pada awak media.

Ditambahkan salah satu peserta inisial IS yang mengatakan bahwa, memang benar saya sendiri di ajar oleh oknum dari Bawaslu (Panitia) sata melakukan tes di ruangan bawah SMKN 1 Pinrang Sulawesi Selatan.”

Terpisah ketua Bawaslu yang di konfirmasi awak media mengatakan, “kalau memang ada hal demikian, kami siap menerima laporan untuk kami tindaki.

Kami pastikan jika ada laporan dan terbukti, kami akan lakukan tindakan tegas tentu dengan tetap meminta arahan dan petunjuk dari pimpinan Bawaslu Sulsel.

Bagi calon yang terbukti bekerjasama dengan pengawas di ruangan, kami pastikan tidak akan diloloskan sekalipun sudah masuk 6 besar dan bagi pengwasnya akan kami laporkan ke Bawaslu provinsi untuk dilakukan penindakan.

Kami sangat berharap segera ada tanggapan masyarakat terkait hal ini sebelum pleno 3 besar dilaksanakan. Kuncinya kepada awak media melalui chat via WhatsApp.” (Dje).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *