by

Usai Kawal Jenazah, Subden KBR Lakukan Dekontaminasi Personel

MAKASSAR, – BestNews19.com – Sebagaimana diketahui, Dekontaminasi merupakan upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kontaminasi oleh mikroorganisme pada orang, peralatan, bahan dan ruang melalui disinfeksi dan sterilisasi dengan cara fisik dan kimiawi.

Berlokasi di parkiran Markas Komando (Mako) Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel, personel Batalyon A pelopor dan kendaraan yang digunakan dalam pengawalan jenazah Covid – 19 dari rumah sakit ke TPU Macanda Kabupaten Gowa disterilkan dan di disinfeksi guna menghilangkan kontaminasi dari virus corona, Minggu (31/05/2020).

Wakasubden KBR Iptu Alimuddin mengatakan bahwa setiap kendaraan yang telah melaksanakan tugas pengawalan Jenazah dari rumah sakit ke pemakaman macanda harus masuk ke lokasi ini untuk disterilkan.

“Kendaraan yang baru selesai pengawalan, harus singgah kesini untuk disterilkan dan di disinfeksi untuk menghilangkan kontaminasi virus corona yang melengket di kendaraan maupun pada pakaian personil”, ujar perwira berpangkat balok dua itu.

“Khusus untuk personel, kita menggunakan cairan khusus yang memang diperuntukkan untuk disinfeksi orang dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit”, sambung Alimuddin.

Komandan Detasemen Gegana yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kegiatan tersebut.

“Iya betul, kendaraan yang selesai kawal jenazah ke Macanda wajib untuk disterilkan dulu sebelum masuk dalam lingkungan kesatriaan” ucap Kompol Sahruna Nasrun, SE., MM.

Sahruna mengungkapkan bahwa “kegiatan ini sudah berlangsung selama kurang lebih dua bulan lamanya sampai dengan sekarang”.

“Dekontaminasi Kendaraan dan personel yang selesai laksanakan tugas kawal sudah berlangsung kurang lebih dua bulan lamanya sampai sekarang ini, dan akan tetap berlangsung sampai batas waktu yang tidak ditentukan.” Pungkas Sahruna (Nis/C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed