oleh

Demi Kemanusiaan, Babinsa Koramil Penajam Menggali Kubur, Warga Meninggal Terkonfirmasi Positif Covid-19

PENAJAM PASER UTARA, BestNews19.com – Berdasarkan Surat bernomor 360/015/COVID-19/VII/2021, yang ditandangani pada 8 Juli, oleh Sekkab PPU Muliadi, selaku Wakil Ketua III Satgas COVID-19 Pemkab PPU, seluruh pemakaman jenazah akibat COVID-19 diserahkan ke Desa/Kelurahan masing-masing, yakni tempat jenazah sebelumnya tinggal.

Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Kelurahan Penajam Serka Cahyo Budianto terjun langsung untuk penyiapan penggalian pemakaman dengan Prosedur standar Covid terhadap salah satu warga Balikpapan yang meninggal di RSUD Putri Aji Botung Kab. PPU ,Terkonfirmasi (+)* Covid-19 dan di makamkan di tempat pemakaman umum Kayu Api RT 19 Kel. Penajam, Kec. Penajam, Kab. PPU Kaltim, (03/8/2021).

Babinsa Serka Cahyo kepada awak media mengatakan,” Alhamdulillah, kegiatan pemakaman berjalan dengan aman dan lancar tanpa ada kendala yang berarti,”ujarnya.

“Demi kemanusiaan dan demi Merah Putih serta untuk kelancaran dalam proses pemakaman, ini semua kami lakukan di karenakan pasien tersebut bukan berdomilisi di Kab. PPU sehingga sulit mencari masyarakat yang mau membantu untuk menggali makam dan harapan kami semoga pemerintah peduli dengan hal-hal yang tak terduga seperti ini,”jelas Cahyo.

Babinsa juga menghimbau kepada keluarga maupun warga yang hadir dalam pemakaman selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu cuci tangan dengan sabun, hindari kerumunan dan jaga jarak. Hal ini untuk memutus mata rantai Covid-19.

Walaupun Pemakamannya di bawah koordinasi posko Kecamatan, Desa/Kelurahan dan RT dengan tetap menerapkan prokes ketat.

Untuk kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas pemakaman, dapat dikomunikasikan dengan UPT Puskesmas masing-masing,akan tetapi untuk kejadian hari ini perlu di bahas kembali.

Lanjutnya,“Kami,TNI bersama Polri akan selalu mengamankan jika ada warga yang meninggal karena terinfeksi virus Covid-19, karena di masa pandemi ini masih banyak yang tidak setuju dan menolak terhadap pemakaman secara protokol kesehatan,”tutupnya.

Hadir dalam proses pemakaman, Lurah Kel. Penajam Juliansyah .ST, Babinsa Kel. Penajam Serka Cahyo B, Bhabinkamtibmas Kel. Penajam Bripka Lilik Iswahyudi, Staf Kelurahan Penajam, Tim pemulasaran dan pemakaman dari penjaga kubur dan Pihak keluarga (Pam/Ajeng).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed