oleh

Muh Amir: Panitia Pilkades Agar Benar-Benar Berkomitmen Dan Profesional Dalam Menjalankan Amanah

PINRANG, BestNews19.com – Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Pinrang yang jumlahnya 21 Desa serentak. Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat.

Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada momen ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan.

Dalam pemilihan pemimpin desa yang harus diutamakan ialah bagaimana mekanisme pemilihan yang memberikan pelajaran yang demokratis yang tak terlepas dari kerja-kerja panitia yang komitmen dengan profesionalisme.(11/08/2021).

Terkait dalam hal ini, Muhammad Amir selaku Sekretaris Umum Pengurus Pusat Kesatuan Pelajar Mahasiswa Pinrang (PP KPMP). Menyampaikan dengan Tegas.

Pilkades adalah ruang pendidikan politik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sampai pada lapisan terbawah, maka kami sangat menekankan untuk para penyelenggara panitia pilkades benar-benar menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional. Karena sangat rawan konflik sosial, itu bisa kita lihat dari sejarah kejadian Pilkades di beberapa Desa sebelumnya.

Baru-baru ini kami dapat laporan dari masyarakat di kecamatan Lembang, ada beberapa Masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap, berarti hak politiknya dihilangkan. Kejadian seperti ini, sangat berpotensi menjadi konflik horizontal dimasyarakat.


Nah Kami selaku Mahasiswa melihat masalah tersebut menekankan kepada Dinas Pemerintah Desa dan Panitia penyelenggara Pilkades serius dan profesional untuk melakukan Pilkades dengan baik agar pelaksanaan Pilkades tidak menciptakan gejolak dimasyarakat.


Ketika kedepannya ada konflik terkait Pilkades, maka yang bertanggung jawab sepenuhnya adalah Panitia penyelenggara (Mir/Ajeng).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed