oleh

Pelaku Usaha Diajari Pelaporan Berbasis Elektronik Terintegritas Melalui OSS

SULSEL|PAREPARE, BestNews19 — Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Parepare menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Tata Cara Pengisian Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) dan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online Tahun Anggaran 2021, bertempat di Hotel Bukit Kenari Kota Parepare, 15 September 2021.

Bimtek tersebut diikuti 30 peserta dari berbagai pelaku usaha/perusahaan yang ada di Kota Parepare.

Sekretaris DPM-PTSP Kota Parepare, Rakhmat mengatakan, Kegiatan Bimtek ini bagaimana pelaku usaha di Kota Parepare melakukan pelatihan Pengisian OSS secara online, yang diikuti 30 peserta. Dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Investasi.

“Pesertanya pelaku usaha di Kota parepare dan secara bertahap. Diikuti 30 peserta, yaitu pengisian OSS yang berbasis risiko sesuai dengan PP No 5 Tahun 2021 tentang perizinan usaha secara elektronik jadi kami lakukan pelatihan pengisian OSS,” jelasnya.

Sementara, Plt Kepala DPM PTSP, Hj Amina Amin menjelaskan, dalam bimtek ini, DPM PTSP memfasilitasi pengusaha bagaimana menggunakan sistem berbasis elektronik yang terintegrasi. Karena secara mandiri ini digunakan oleh pelaku usaha karena mereka dituntut untuk melaporkan perkemgan usahanya pertriwulan.

“Karena usaha yang tidak melaporkan sesuai waktu ketentuan, bisa dikenai sanksi hingga penutupan usaha. Tapi karena ini masih baru, tidak mungkin kami menanamkan itu. Kewajiban Kami Pemkot melakukan penjelasan, bimbingan dan pengawasan kepada pengusaha. Jangan sampai ada alasan tidak mengirimaporan karena belum memahami caranya. Untuk menghindari itu, bimtek ini dilaksanakan,” jelasnya.

Ia juga meyarankan, kegiatan ini tidak sampai di sini saja. Sebaiknya berlanjut dengan melakukan langkah-langkah untuk menindaklanjuti pelatihan ini.

“Mungkin secara berkala kita turun meninjau langsung, kenapa belum dikirim laporannya, bila belum memahami diajari kembali. dan kegiatan Ini masih berlanjut, cuman kita batasi jumlahnya karena situasi saat ini tidak dianjurkan berkerumun,” tandasnya.

Turut hadir para Kabid Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal DPM PTSP Parepare, Wahida Baco, Kepala Seksi, Natalius beserta staf Ananda Febriani, (Sanji)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed