oleh

Demo di KPK RI Pakai Sarung, Haidir Mendesak KPK Periksa Bupati “IH” Dan Mantan Bupati Pinrang “AP”

JAKARTA, BESTNEWS19.COM – Aliansi Mahasiswa Pinrang Se-jabodetabek menggelar aksi dengan grand isu ” Penjarakan Bupati Pinrang Dan Mantan Bupati Pinrang ” yang digelar di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 22/09/2022.

Aksi yang digelar ratusan massa yang mengatasnamakan AMPS yang jauh-jauh dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan ke Jakarta untuk menyampaikan ke KPK atas dugaan korupsi yang merajalela di Kabupaten Pinrang mulai mantan bupati periode lalu AP sampai periode sekarang IH

Khaidir selaku jenlap menyampaikan dalam orasinya bahwa, Praktek – Praktek Korupsi yang sekarang meraja lelah di Pinrang yang tidak mampu diatasi sampai ke akar-akarnya oleh penegak hukum sehingga dijadikan budayah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang terang-terangan melawan hukum.

Pada hal Korupsi ialah tindakan menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak,sehingga mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi suatu negara serta meningkatkan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan.


“Saya sangat berharap komitmen Ketua KPK Firli Bahuri dengan visi dan misi KPK dan masyarakat dalam menurunkan angka korupsi atau mengatasi segala bentuk korupsi yang senantiasa berkembang serta penindakan terhadap pelaku korupsi akan dilaksanakan KPK secara proporsional dan akuntabel demi kepentingan umum untuk mewujudkan indonesia berkekuatan ekonomi terbesar pada tahun 2045” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa, supremasi hukum di kabupaten pinrang lemah, sebab masih banyak ketimpangan sampai pada kemandekan kasus-kasus korupsi yanga ada ditubuh penegak hukum tidak diwujudkan sebagaimana semestinya.
seperti penguasaan aset tetap gedung Mall Pinrang tidak sesuai ketentuan, Nilai penyertaan modal pada PD Karya belum ditetapkan dengan Peraturan Daerah, Penyelenggaraan bantuan operasional sekolah realisasi belanja melebihi anggaran sebesar Rp.1.670.427.971,Belanja penyelenggaraan pendidikan gratis tidak sesuai ketentuan, Belanja hibah dan bantuan sosial belum seluruhnya dipertanggungjawabkan,Kelurahan dan Desa belum seluruhnya menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada Bupati anggaran sebesar Rp.1.670.427.971 Belanja penyelenggaraan pendidikan gratis.

Kelebihan pembayaran belanja perjalanan dinas pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebesar Rp1.182.581.084,Proyek JL.A.Johan Ammasangan dan Peningkatan jalan beton Andi Siraja yang di kerjakan Oleh CV. Budiarta Mandiri dengan anggaran 1.660.390.008 dengan Volume yang kurang dan tidak sesuai spesifikasi,Dugaan tindak pidana korupsi Proyek Jalan Beton Urung.

Barombong yang di lakukan oleh CV. Luthfie dengan Anggaran Rp6,01 Miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Pinrang tahun 2021, dimana pelaksanaan yang menyalahi ketentuan teknis, dan pengurangan volume pekerjaan .

Serta dugaan korupsi aset daerah yang dikelolah perusahaan daerah PD. Karya Kabupaten Pinrang diantaranya, Persawahan Pemkab. yang terletak di Desa Sikkuala Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang seluas 50 Ha, Gudang milik Dinas Perindag Kabupaten Pinrang yang terletak di depan Puskesmas Salo yang sudah disewakan diduga sebesar Rp. 600.000.000,- yang diduga tidak disetor ke Kasda atau Dinas Perindag, Pabrik ES Balok 2 unit milik Dinas Perikanan Kabupaten Pinrang dan pabrik biscuit Dinas Perindag Kabupaten Pinrang yang diduga dikorupsi pendapatannya yang dikelolah PD. Karya

Mobil Bus jemaah haji 2 unit , Dana bantuan hibah sebesar Rp. 350.000.000,- dan dana supsidi sebesar Rp. 350.000.000,- yang diduga dikorupsi serta diduga dana subsidi tidak sesuai peruntukannya.

“Kami berharap KPK turun langsung untuk melakukan audit investigasi di kabupaten pinrang sesuai pengaduan yang kami sampaikan dan beberapa data yang kami ajukan, saya kira itu sudah memenuhi syarat untuk ditindak lanjuti . jika tidak diproses sesuai mekanisme hukum maka kami akan aksi susulan lagi” tegas gonrong nama sapaannya.

Adapun Tuntutan Aliansi sebagai berikut:
1.Periksa Bupati Pinrang Terkait Penggunaan APBD Tahun Anggaran 2019,2020,2021.

  1. Periksa Mantan Bupati Pinrang Andi Aslan Patonangi Terkait Pengalihan Lahan Dari Pasar Rakyat Kerumah Sakit Di Desa Bungi, Kec. Duampanua (Dje).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *