Bencana Hama Padi, Ancam Gagal Panen Petani Sawah di Kelurahan Benteng

PINRANG, BestNews19.com – Para petani dikelurahan Benteng Kecamatan Patampanua kabupaten Pinrang provinsi Sulawesi Selatan terancam gagal panen padi.

Pasalnya area persawahan yang sudah ditanami bibit padi dan sekarang masuk masa 2 bulan umur tanam dalam kondisi rusak berat. Dimana kerusakan tersebut dipicu oleh hama wereng dan ulat batang penggerak serta hama kresek.

Andi Askin Ketua kelompok tani Hilir Maju Satu Kelurahan Benteng yang ditemui awak media mengatakan, “tanaman padi ini rusak disebabkan oleh hama wereng air. Dan setelah dilakukan penyemprotan hama serta pemupukan selanjutnya muncul hama yang lain namanya penggerak batang yang mana menghancurkan seluruh batang muda pada padi serta munggulung daunnya yang telah dipupuk itu”, Sabtu (29/02/2020).

“Tak lama setelah itu muncul lagi hama kresek yang membuat padi menjadi tidak dapat tumbuh dengan subur karena tanaman padi tersebut menjadi tempat bersarang hama kresek yang saya maksud”, ucapnya.

Kerusakan tanaman padi ini seluas 30 Ha. Dari dua kelompok tani yang ada dikeluraham Benteng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang”, kata dia pada awak media.

Harapan saya semoga pemerintah Kabupaten Pinrang dalam hal ini Dinas Pertanian turun kelokasi melihat kondisi sawah milik masyarakat yang telah ditanami padi tapi hancur dan mati serta mengancam gagal panen”, tutupnya (C13).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *