by

AKP Dharmawaty : Satlantas Polres Pinrang Perketat Penanggulangan Covid19 Pada Akses Masuk Pos Chek Point Dan Pos Pelayanan

PINRANG, BestNews19.com – Untuk memperketat akses masuk ke wilayah hukum Polres Pinrang, sejumlah Pos Check Point dan Pos Pelayanan telah didirikan.

Menyusul telah dimulainya operasi terpusat Operasi Ketupat 2020, Polres Pinrang mendirikan tiga Pos Check Point dan satu Pos Pelayanan yang tersebut di wilayah hukum Polres Pinrang.

“Tiga Pos Check Point yang didirikan Polres Pinrang tersebut berada di perbatasan kota wilayah hukum Polres Pinrang”, ucap AKP Dharmawaty Kasat Lantas Polres Pinrang yang ditemui awak media diruang kerjanya.

Dikatakannya bahwa, ” pos tersebut berada Di perbatasan kota Pinrang – arah ke Polman yakni Kecamatan Paleteang, perbatasan kota Pinrang – arah ke Timur Kabupaten Sidrap di Kecamatan Tiroang, dan perbatasan kota Pinrang – arah ke Kota Parepare di Kecamatan Watang Sawitto serta untuk Pos Pelayanan didirikan di tengah kota Pinrang di Lasinrang Park, Selasa (28/04/2020).

AKP Dharmawaty lanjutnya, “Pos Check Point tersebut telah diaktifkan mulai awal ramadhan dan sampai Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Yakni mulai, Jumat tanggal 24 April 2020 sampai Minggu tanggal 31 Mei 2020, atau selama 37 hari. Ini seiring dengan telah resminya diberlakukan pelarangan mudik oleh pemerintah di tengah merebaknya virus corona (Covid-19)”.

“Seiring dengan kebijakan larangan mudik, sejumlah pintu masuk di beberapa wilayah termasuk kota Pinrang dilakukan penjagaan secara ketat. Setiap kendaraan, baik roda dua maupun roda empat akan dilakukan pengecekan terutama yang berplat nomor luar Pinrang”, tegas alumni perwira Polri angkatan wiratama Regaju tahun 2009 ini kepada awak media.

Dia mengatakan, “personil Satlantas Polres Pinrang yang saya pimpin akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada para pengendara yang masuk wilayah Pinrang sedangkan pengendara kendaraan dari luar Pinrang akan di berhentikan”.

Bahkan kata dia, “apabila pengendara dari luar tersebut tidak dilengkapi dengan identitas dan tujuan yang jelas bisa saja akan diperintahkan putar balik”.

Dharmawaty menambahkan “Pos Check Point akan dijadikan lokasi penyekatan warga yang ingin mudik dan yang akan masuk, Identitas penumpang kendaraan, khususnya yang roda empat ke atas akan kita lakukan pemeriksaan”.

“Penyekatan ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kian merebak dengan sasarannya utamanya adalah masyarakat yang nekat mudik yang dimungkinkan rawan terjadinya penyebaran,” tegas mantan Kasat Lantas Polres Barru kepada awak media.

Terpisah, Kapolres Pinrang AKBP Dwi Santoso, menyampaikan “Lamanya waktu operasi tidak menuntut kemungkinan akan diperpanjang jika kondisi masih belum normal”.

Artinya, kata AKBP Dwi Santoso melanjutkan, “selama pandemi virus corona belum usai kemungkinan besar akan dilanjutkan. Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat Pinrang untuk tidak ada kegiatan mudik di tengah pandemi ini”.

“Tetap ikuti himbauan pemerintah, lakukan protokol yang ada, jaga kesehatan dan imunitas tubuh dan tetap jauhi kerumunan,” tutupnya mengakhiri (C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed