by

Unit Intel Dim 1404/Pinrang Amankan Oknum Anggota TNI-AD Gadungan di Desa Leppangang Patampanua Pinrang

PINRANG, BestNews19.com – Agusrianto seorang Supir truk yang mengaku sebagai anggota TNI AD unit Intel Kodim 1402/Polmas di gelandang ke Mapolres Pinrang, oleh personil Ba Inteldim 1404 Pinrang bersama tim Crime Fighters Unit Resmob Polres Pinrang dan unit Kam Opsnal Polres Pinrang.


Setelah melakukan aksi penipuan dan penggelapan, Agusrianto oknum TNI gadungan yang diamankan di Desa Leppangang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang pada selasa kemarin, kini harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dihadapan penyidik personil Sat Reskrim Polres Pinrang, Rabu (27/05/2020).

“Setelah menerima laporan dari Aidah (50) yang mengatakan bahwa “Anggota Intel Kodim gadungan 1402 Polmas bernama Agusrianto (58) sedang berada dirumah istri sirinya di Desa Leppangang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang”, selanjutnya saya bersama Serda Sanianto dan Serda Rahmat berangkat ke TKP untuk melakukan penangkapan”, ungkap Sertu Asrianto (Ba Inteldim 1404/Pinrang).


“Setelah tiba dilokasi selanjutnya kami bertiga langsung mengamankan oknum TNI Gadungan tersebut dirumah istri sirinya. Dan selanjutnya dibawa ke Staf Intel Kodim 1404/Pinrang, untuk dilakukan Interogasi oleh Pasi Inteldim 1404/Pinrang”.


Asrianto lanjutnya, “Dari hasil interogasi tersebut oknum TNI Gadungan ini telah mengakui bahwa “awal perkenalannya dengan Hj Baharia (50) atas bantuan dari ibu Aidah, dan itu terjadi pada hari sabtu tanggal 18 April 2020”.

“Saat berkenalan Agusrianto mengaku duda yang berprofesi sebagai Anggota Inteldim 1402/Polmas kepada Ibu Aidah dan juga mengaku sedang mencari calon istri sehingga diperkenalkan ke Ibu Hj. Baharia”, tutur Sertu Asrianto.

Setelah perkenalan itu lanjut kata Asrianto kepada awak media, ” oknum TNI gadungan Agusrianto pada hari senin tanggal 20 April 2020 akan mendatangi kedua orang tua Hj.Baharia dan melamarnya dengan mahar Rp.50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah). Pada saat hari H oknum TNI gadungan tersebut tak kunjung datang dan saat di hubungi via telephone, Agusrianto beralasan sibuk dengan urusan kantor”.

Masi kata Sertu Asrianto pada awak media, “pada hari kamis tanggal 23 April 2020 pukul 20.00 Wita, oknum TNI Gadungan Agusrianto datang kerumah Hj. Baharia dengan menyampaikan bahwa “uang saya di Bank BRI belum bisa cair dalam waktu dekat”.

Sehingga kata Sertu Asrianto, “oknum tersebut menyampaikan ke Hj Baharia bahwa kita “NIKAH SIRI SAJA”, dengan meminjam uang sebesar Rp. 2.500.000,-(dua juta lima ratus ribu rupiah) kepada orang tua Hj. Baharia untuk biaya Nikah. Dan pada saat itu Hj. Baharia menyanggupinya karena merasa malu terhadap keluarga besarnya”.

“Setelah itu di laksanakan pernikahan secara Siri pada hari Selasa tanggal 5 Mei 2020 di Sulili Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang, dirumah P. Rodding Ambo Halimah dengan disaksikan oleh H. Jabir”, ucap Sertu Asrianto.

“Usai pernikahan siri tersebut, aksi penipuan oknum TNI gadungan tersebut terbongkar, pasalnya istri sirinya Hj. Baharia merasa tertipu karena Agusrianto mengaku Anggota TNI-AD satuan Kodim 1402/Polmas tetapi tidak pernah masuk kantor dan tidak mempunyai uang. Bahkan kalung emas seberat 9 gram miliknya digadaikan di toko emas sebesar Rp. 5.000.000,-(lima juta rupiah)”, jelas Sertu Asrianto.

“Saat ini Agusrianto oknum TNI Gadungan kodim 1402/Polmas, sudah dijemput Tim Crime Fighters Unit Resmob Polres Pinrang bersama unit Kam Opsnal Polres Pinrang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut”, tutupnya (Asr/C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed