by

Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel Bersama Polsek Barombong Gelar Latihan Penanganan Penyerangan Orang Tak Dikenal (OTK)

GOWA, BestNews19.com – Sebagai langkah untuk mengantisipasi situasi kamtibmas menjelang Pilkada di beberapa daerah di Sulsel tahun 2020, Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel menggelar Latihan Penanganan penyerangan orang tak dikenal (OTK) di Polsek Barombong Polres Gowa jalan poros Tanggala Kanjilo Kabupaten Gowa, Rabu (10/06/2020).

Dalam kegiatan ini, selain melibatkan personel Detasemen Gegana juga melibatkan Personel Polsek Barombong dan Inasfis Polres Gowa dan Tim Kesehatan Puskesmas Kanjilo Kabupaten Gowa.

Wakil Komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel menjelaskan bahwa pemilihan Polsek Barombong untuk dijadikan lokasi latihan karena lokasinya jauh dari hiruk pikuk keramaian dan sehingga pada pelaksanaan kegiatan latihan tidak mengganggu aktifitas masyarakat.

“Kita sudah survey dari beberapa hari yang lalu. Lokasi ini sangat cocok denga kegiatan kita kali ini karena tidak terlalu ramai sehingga tidak mengganggu aktifitas warga” ucap mantan Pasi Ops Batalyon A Pelopor brimob Sulsel itu.

Singkat cerita Mapolsek Barombong diserang dan dikuasai oleh orang tak dikenal serta menyandera personel Polsek Barombong yang menuntut agar rekannya yang ditangkap segera dibebaskan. OTK ini mulai beringas dengan melukai sandera bahkan sampai membunuh salah seorang sandera.

Atas kejadian ini, Sat Intelkam Polres Gowa melaporkan kejadian ke Kapolres Gowa agar segera meminta bantuan kepada Den Gegana Satbrimobda Sulsel. Tak berselang lama, Pers Den Gegana tiba dilokasi untuk melakukan penanganan penyerangan OTK serta menjinakkan benda diduga Bom.

Pasca penanganan penyerangan OTK oleh Den Gegana Satbrimbobda Sulsel, Wadanden Gegana sebagai manager pendindakan melaporkan kepada Kapolres Gowa bahwa OTK dan bom telah dimanankan selanjutnya diserahkan kepada Polres Gowa untuk melakukan penanganan TKP dengan menurunkan Tim Inafis Polres Gowa dan Tim Kesehatan untuk mengevakuasi korban.

Komandan Detasemen Gegana Kompol Sahruna Nasrun, SE., M.M yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kegiatan tersebut.

“iya benar. Wadanden Gegana tadi pimpin latihan penanganan penyerangan OTK di Polsek Barombong”, Ucap Sahruna.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kerjasama dari Personel Polres Gowa khususnya jajaran Polsek Barombong sampai terlaksananya kegiatan ini dengan baik aman dan lancer tanpa kendala. Semoga kegiatan ini dapat menjadi acuan serta pedoman dalam penanganan penyerangan OTK.” Pungkas Sahruna (Nis/C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed