oleh

Korem 091/ASN Memperingati Nuzulul Qur’an di Tengah Pandemi COVID-19

SAMARINDA, BestNews19.com – Bertepatan dengan 17 Ramadhan, Nuzulul Qur’ an diperingati di Masjid Baitussalam Makorem 091/ASN yang diawali dengan lantunan merdu ayat suci Alqur’an yang dibawakan oleh Koptu Emys yang membuat hening sejenak Masjid Baitussalam. Kamis (29/04/2021).

Peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini adalah “Aktualisasikan nilai-nilai puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1442 H/ 2021 M ditengah Pandemi Covid-19 guna mewujudkan TNI AD Kuat, Solid, Profesional dan dicintai rakyat”.

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P, M.S.i dalam sambutan tertulisnya “Pada hari yang penuh berkah ini, Alhamdulillah kita telah memasuki puasa pada hari ke 17 di bulan suci Ramadhan berarti kita telah melewati 10 hari pertama bulan Ramadhan yaitu Allah SWT memberikan rahmat dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang kita lakukan selama puasa.

Fase 10 hari kedua Ramadhan Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya untuk itu kita mengoptimalkan kegiatan ibadah memperbanyak berzikir dan sholat malam”.

Danrem juga menambahkan “Peringatan Nuzulul Qur’an pada tahun ini 1442 Hijriah diselenggarakan dengan maksud untuk menyemarakkan syiar Islam, sekaligus juga mengingatkan dan mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk selalu memperkokoh keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Dalam ayat Al Qur’an disampaikan bahwa Al Qur’an diturunkan pada bulan suci Ramadhan dan merupakan kitab suci yang memberi petunjuk bagi umat islam agar menjadi orang-orang yang beriman. Maka hendaklah, di bulan suci Ramadhan ini kita bisa memanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kita membaca Al Qur’an dan memahami artinya sehingga setelah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, kita bisa menjadi insan yang lebih baik lagi dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT”.

“Perlu kita sadari bersama bahwa Nuzulul Qur’an yang kita peringati hari ini, sesungguhnya memiliki makna dan hakekat yang mendalam, puasa Ramadhan saat ini masih ditengah Pandemi Covid-19. Acara ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah diantaranya tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Marilah kita memohon ampun kepada Allah serta memohon pertolongan dan keselamatan agar wabah Covid-19 ini dapat segera berakhir”, pinta Danrem.

Sementara itu Hikmah peringatan Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh Bapak Ustadz KH., menyampaikan Keutamaan-keutamaan Al-Qur’an, di samping itu ada beberapa hal yang mesti dicatat oleh tiap muslim tentang keutamaan Al-Qur’an, keutamaan membaca dan menghafalnya. “Mengapa kita harus berhukum pada Al-Qur’an?” Pertama, karena Al-Qur’an memuat segala aturan dan permasalahan kehidupan kita, dan jawabannya atas segala sisi kehidupan manusia. Kedua, Al-Qur’an adalah juklak kehidupan yang terjamin orisinalitasnya (Pam/Ajeng).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed