Sijago Merah Kembali Melalap Rumah Kayu dan Rumah Walet Dijalan Dr.Wahidin Pinrang

PINRANG, BestNews19.com – Terjadi kebakaran rumah kayu dan rumah burung walet, tepatnya di jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo atau jalan Andi pawelloi lama Kelurahan Maccorawalie Kecamatan Watang Sawitto Pinrang.

Rumah kayu tersebut milik P.Warda (45), dan rumah burung walet milik H. Judda (55) warga setempat, minggu (22/09/2019).

Dari informasi dilapangan disebutkan, kebakaran itu berawal dari rumah P.Warda yang sementara kosong saat rumah tersebut kebakaran, warga setempat mendengar suara ledakan sebelum terjadi kebakaran. Belum jelas penyebab kebakaran”.

“Rumah kayu milik p.warda habis terbakar, dan rumah walet milik H. Judda hanya terbakar lantai 2.

Warga setempat menaksir kerugian akibat kebakaran tersebut sekitar Rp 250 juta.  Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Kebakaran terjadi hanya sekita 30 menit yang dimulai pukul 16.00, dan pemadam berhasil memadamkan pukul 16.30 waktu setempat.

Warga sekitar mengapresiasi dan berterimakasih atas kesigapan petugas pemadam kebakaran yang berhasil melokalisir dan memadamkan api yang hanya menghaguskan satu rumah kayu milik p.warda, sementara rumah sebelahnya yaitu rumah walet milik H. Judda hanya bagian lantai 2 terbakar yang memang sebagian besar berbahan kayu.

Sementara kasat pol PP, Muhadir Muddin, yang turun langsung saat kebakaran menjelaskan “Api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar sebelum menyebar kebangunan sekitar yang cukup padat. “Jajaran petugas di lapangan masih melakukan penyelidikan terkait musibah kebakaran tersebut,” tuturnya. 

Selanjutnya muhadir menghimbau ke masyarakat agar memeriksa kompor gas celokan listrik seperti setrika sebelum meninggalkan rumah dan berhati-hati dalam menggunakan obat nyamuk bakar, pastikan obat nyamuk bakar diletakan di tempat yang aman dan jangan ditempatkan berdekatan dengan barang mudah terbakar.

Muhadir menambahkan, “saat memasuki kemarau ini untuk tidak melakukan kegiatan berbahaya, seperti membuang puntung rokok sembarangan, kadang tidak dirasa membuang puntung rokok sembarangan apalagi ke semak belukar yang kondisinya alang-alang atau rumputnya kering, ini akan cepat sekali menyulut kebakaran,” katanya.

Dan yang terakhir kalau mau membakar sampah, jangan sampai ditinggal, sekarang kemarau dan angin bertiup kencang jadi api cepat melebar, kalau mau membakar sampah harus dijaga dan ditunggu sampai akhirnya betul-betul padam,” tandasnya.

Bila terjadi kebakaran, ditambahkan muhadir, segera laporkan kepada pihak Damkar, yaitu : Untuk wilayah Pinrang kota meliputi Kecamatan Watang Sawitto, Paleteang, Patampanua dan Mattiro sompa di nomor 085240604500, untuk wilayah Kecamatan Mattiro Bulu, Suppa dan Lanrisang di nomor 085290963332 dan untuk wilayah Kecamatan Duampanua Lembang dan Batu Lappa di nomor 085299864440.

Kami punya prinsip “Pantang Pulang Sebelum Padam”, jadi kami akan memaksimalkan tugas kami manakala terjadi kebakaran, terang Muhadir (Psn/Dnt).

Follow me!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *