by

Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam Dan Pengecekan Peralatan SAR di Wilayah Provinsi Sulsel

MAKASSAR, BestNews19.com – Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam dan Pengecekan Peralatan SAR di wilayah Provinsi Sulsel. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Karebosi Makassar ini juga di ikuti oleh Forkopimda Sulsel, personel TNI, Polri dan BNPB serta seluruh unsur terkait yang ada di Provinsi Sulsel. (Minggu, 15/11/2020).

Dalam apel gelar pasukan dan pengecekan alat SAR ini, Detasemen Gegana menurunkan Personel sebanyak 1 SST (Tim Sar), 2 unit Mobil Zenijet dan 10 Unit Trail. Pimpinan Apel yang dimulai pada pukul 08.00 Wita ini dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Sulsel Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M. Agr.

Dalam amanatnya, Gubernur Sulsel sangat mengapresiasi dengan adanya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam hal kesiapsiagaan penanganan bencana alam di Sulawesi Selatan, baik itu dari segi kekuatan maupun dari segi kelengkapan sarana dan prasarana. Kita juga harus memiliki perencanaan dan persiapan yang matang untuk menghadapi cuaca ekstrim, curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang diprediksi akan terjadi pada akhir dan awal tahun.

“Saya sangat mengapresiasi adanya dukungan dari segi kekuatan dan kelengkapan sarana dan prasarana dalam hal kesiapsiagaan penanganan bencana alam. Kitan juga harus miliki perencanaan dan persiapan yang matang guna menghadapi cuaca ekstrim, curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang diprediksi terjadi di akhir dan awal tahun” ungkap Nurdin Abdullah.

“Kita juga harus belajar dari bencana yang telah terjadi tahun – tahun sebelumnya, mengevaluasi apa yang kurang, kita tingkatkan di tahun ini sehingga upaya penanggulangan bencana mampu merumuskan strategi baru.” Sambungnya sebelum menyelesaikan amanatnya.

Dikonfirmasi di lokasi Apel Gelar Pasukan, Komandan Detasemen Gegana AKBP Dr. Sahruna Nasrun, S.E., M.M menyampaikan bahwa Polri khususnya Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel akan selalu siap sedia dan langsung akan menerjunkan personelnya ke lokasi bilama mana terjadi bencana alam.

“Polri khusunya Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel selalu siap sedia diterjunkan / serpas ke lokasi bilaman terjadi bencana alam” imbuh Sahruna.

“Kesiapsiagaan kami (Detasemen Gegana Satbrimobda Sulsel) ini adalah wujud nyata dari motto pengabdian Brimob ”JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAAN” yang selaras dengan slogan kami ”BRIMOB UNTUK INDONESIA”, Pungkas Sahruna.

Setelah pelaksanaan apel, para unsur forkopimda mengecek kelengkapan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam penanganan bencana alam (C13).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed