oleh

Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat Jadi Nara Sumber di Giat UPP Lawyers Club

ROKAN HULU, BestNews19.com – Untuk terciptanya pemilu yang berlangsung Jujur dan Adil (Jurdil) serta kondusifitas Kamtibmas pada Pemungutan Suara Ulang (PSU), Pilkada Rokan Hulu (Rohul) Tahun 2020

Untuk itu, Kapolres  Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, SIK MH,  sangat berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut, hal itu terlihat ketika menjadi nara sumber pada  kegitan UPP Lawyers Club.

Kegiatan UPP Lawyers Club ini digelar di Aula Kampus Universitas  Pasir Pangaraian (UPP) Rohul, Kamis (15/4/2021), dengan Thema Pilkada Rohul “Suara Rakyat Atau Suara Perusahaan”.

Tampil menjadi Nara Sumber, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST, Rektor UUP Rohul,  Dr Hardianto,  M Pd, Ketua Bawaslu Rohul, Fazrul Islami Damsir, SH, MH dan Ketua KPUD Rohul Elfendri ST M Eng, 

Kemudian kegiatan tersebut, turut dihadiri para  Pengurus BEM UPP Rohul, perwakilan BEM STAI, HMI Rohul, Pengurus Satma PP Rohul, Kemudian Polri-TNI, para wartawan media cetak elektronik,  online  dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH yang menjadi  Nara Sumber pada kegiatan seluruh jajaran Kepolisian dan TNI berkomitmen mewujudkan serta  bertanggungjawab untuk menjaga stabilitas keamanan

Jajaran Polri-TNI telah melaksanakan pengamanan mulai dari pendaftaran dan pengumuman calon tahapan, persiapan untuk kampanye dan sebagainya ini cukup lancar yang tidak ada hal yang sifatnya menanggangu keamanan.

“Sehingga  ada pengajuan dari pasangan yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memutuskan untuk pelaksanaan PSU atau penyelenggaraan Pilkada khusus,” imbuhanya.

“Oleh karenanya kami dari kepolisian sebagai penanggung jawab keamanan Kamtibmas ini bergandengan tangan dengan TNI Kodim 0313 Kampar yang akan mempersiapkan langsung untuk menjalankan amanah atau menjalankan  pengamanan,” tutur AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH.

“Kita melaksanakan kegiatan pengamanan setelah dibacakannya Amar Putusan dari MK,  oleh karena itu kami mengambil langkah langsung  untuk mempersiapkan diri  dalam konteks pengamanan,” ucapnya.

Lanjutnya, H- 6 hari,  PSU Pilkada Rohul 2020, dari kegiatan logistik pilkada, kemudian pendistribusian logistik Pilkada diharapkan agar  terlaksana dengan baik.

“Kita berharap tercipta Demokrasi  yang adil dan demokrasi yang jujur, kemudian  berjalan dengan kondusif, kegiatan kemanan kita gelar dengan giat Patroli dan kita terus megefektifkan di 15 kecamatan lainnya,” tambahnya.

Ketika saat itu  Moderator Kegiatan Suhendri dari Fakultas Hukum menanyakan, ketika ada kubu-kubu dari masing-masing calon yang ikut PSU, langsung  dijawab Kapolres, jajaranya terus melakukan upaya pengamanan secara konfrehensif, seperti melakukan Patroli Siber, pemataun, deteksi dini, diskusi dan dialogis terhdap seluruh tokoh agama, masyarakat.

” Inti dengan kebersamaan kita, sehingga tercipta suasana kondusifitas tercipta  di Negeri Seribu Suluk,  kita juga dari Polri-TNI melakukan pereemtif, pereventif, bahkan  jika perlu kita lakukan tindakan represif,” tuturnya.

“Selain itu, juga kita  berharap tetap komit tercipta Protokol Kesehatan Covid-19 dan  penanggulangan dan pencegahan terhadap virus berbahaya tersebut dengan mengindari kerumunan dan lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya, di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Rohul, Novliwanda Ade Putra, ST yang juga tampil sebagai nara sumber, menegaskan secara bersama-sama diketahui adanya putusan MK,  dalam keputusan tersebut juga disampaikan bahwa atas rasa keadilan yang harus ditegakkan.

“Mungkin  ada  juga butir-butir yang lain yaitu perintah yang lain untuk PSU, maka diwajibkan pada penyelenggara KPU-Bawaslu untuk melakukan pemungutan suara,” ujarnya

Tambahnya, DPRD Kabupaten Rohul, tentu dengan keputusan dari Mahkamah Konstitusi  RI tentu ini menjadi konsekuensi untuk mendukung sepenuhnya

“Inti kita mendukung sepenuhnya, terciptanya rasa keadilan di tengah-tengah masyarakat, khususnya wilayah yang menyelenggarakan PSU, tercipta pemilihan yang jujur dan adil,” pungkas mengakhiri.

Kemudian pada kesempatan yang sama, Moderator Mahasiswa, tentang apa penyebab pemilu ulang, kenapa dengan penyelenggara tersebut apa ada faktornya, apakah ada  profokasi maka terjadi PSU  sini, intinya semua berharap  tercipta pemilihan baik,  jujur dan adil

Dalam kesempatan itu juga,   baik Ketua KPU Rohul, Bawaslu Rohul, Rektor UUP Rohul serta para mahasiswa yang ikut dalam itu berharap agar PSU yang akan digelar nanti itu bisa berjalan dengan baik, sehingga terciptanya Pemilu yang cerdas, aman serta jujur dan adil.

Kegiatan UPP Lawyers Club di akhiri dengan pemberian cendra mata atau pemberian piagam, selanjutnya di dilaksanakan poto bersama, terlihat berlangsung dengan aman dan kondusif (Les/Ajeng).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed