oleh

Dandim 0908/Bontang Serah Terima Hasil TMMD Ke – 112 Kepada Pemerintah Kota Bontang

BONTANG, BESTNEWS19.COM – Penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 112 tahun 2021 di wilayah Kodim 0908/Bontang, ditandai dengan penyerahan hasil TMMD. Dari Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Letkol Arh Choirul Huda kepada Pemerintah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati. Penyerahan hasil program TMMD tersebut, dilaksanakan di Pendopo Rujab Walikota Bontang, Kamis (14/10/2021).

Penutupan kegiatan program TMMD ke-112 tahun 2021, juga ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima penutupan kegiatan operasi bakti TNI yang berlangsung selama satu bulan dari tanggal 15 September sampai 14 Oktober 2021 oleh Dandim 0908/Bontang yang disaksikan oleh sekretariat daerah Kota Bontang dan jajaran Forkopimda serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Kota Bontang.

Dijelaskan oleh Dandim 0908/Bontang, bahwa program TMMD telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembangunan turap, rehabilitasi musholla dan penyerahan bantuan keramik ke beberapa tempat ibadah serta serbuan vaksinasi dan penyuluhan kepada masyarakat

Selama satu bulan prajurit 0908/Bintang puluhan satgas BKO TMMD ini terdiri dari Satuan Yonif 611/Awanglong, Yon Kaveleri 13/Satya Lembuswana, Yon Zipur 17/AD, Den Arhanud 002/Balacakti serta Pemerintah Kota dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu Bersama-sama menyelesaikan Program TMMD.

“Saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Bontang dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya TMMD sehingga dapat selesai tepat waktu dan berjalan lancar. Semoga kedepan kerjasama ini terus terjalin di TMMD selanjutnya.” kata Dandim.

Sementara Panglima Kodam VI/Mulawarman,
Selaku Pengendali Kegiatan Operasional
TNI Manunggal Membangun Desa, Mayor Jendral TNI Heri Wiranto, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dandim mengatakan, Seperti kita ketahui bersama bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ke-112 TA 2021 yang diselenggarakan selama 30 hari ini merupakan Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

TNI Manunggal Membangun Desa diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

“Pelaksanaan TMMD kali ini dilaksanakan di 4 wilayah Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Kodam VI/Mulawarman yakni Kodim 0908/Bontang, Kodim 0910/Malinau, Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah dan 1004/Kotabaru dengan mengambil tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Tema ini sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk membangun daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata, sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong,” Kata Pangdam Mulawarman melalui Dandim 0908/Bontang.

“Berdasarkan hasil evaluasi, saya menilai bahwa penyelenggaraan TMMD kali ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman dengan hasil yang sangat baik dan menggembirakan. Pada pelaksanaannya TMMD ke-112 ini juga didukung oleh Dinas Pemda setempat, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, BKKBN, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum serta Kejaksaan Negeri dan Polres,” ungkapnya.

Adapun pencapaian sasaran pembangunan fisik, telah mencapai 100%. Para personel Satgas TMMD dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat telah berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur pedesaan berupa pembuatan turap sungai sepanjang 138 m, pembukaan badan jalan sepanjang 1.100 m, pengerasan badan jalan sepanjang 3.025 m, pembuatan siring pondasi sepanjang 1.034 m, pembuatan drainase jalan sepanjang 6.000 m, pembuatan jembatan 1 unit, pembuatan plat duecker 3 unit, pembangunan rumah singgah 1 unit, pembangunan rumah 4 unit, pembangunan MCK 1 unit, rehab jembatan 2 unit, dan rehab mushola 2 unit.

Untuk sasaran kegiatan non fisik Satgas TMMD yang bersinergi dengan dinas terkait telah melaksanakan penyuluhan antara lain tentang Hukum dan Narkoba, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, Rekruitmen Prajurit TNI, KB/Kesehatan, Posyandu, Buta Aksara, Stunting (kurang gizi), Pos Pembinaan Terpadu, Peternakan, Pertanian dan Perkebunan, Perikanan, Penanggulangan Bencana serta Penyuluhan Covid-19. Selain itu, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan pengobatan gratis, pembagian Sembako, penanaman Mangrove sebanyak 20.000 pohon dan mengadakan kegiatan Perpustakaan keliling (Pam/D-Je).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed