oleh

Kaji Banding Disdukcapil Mamuju Sulbar Ke Disdukcapil Pinrang Sulsel

PINRANG, BestNews19.com – Disdukcapil Kabupaten Pinrang menerima kunjungan kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka sharing informasi terkait pengelolaan arsip digital Disdukcapil Kabupaten Pinrang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pinrang, Andi Askari yang didampingi Sekertaris Dukcapil Hj.Suhaebah dan Kabid Dafduk Andi Nurjaya serta Kasi Identitas Penduduk Hariani menyambut baik kedatangan rombongan dari Dinas Dukcapil Mamuju.

Bahkan dalam pertemuan tersebut, Andi Askari sempat membahas beberapa hal terkait pengelolaan arsip serta membeberkan berbagai inovasi yang sudah diterapkan oleh Disdukcapil Pinrang terkait pelayanan membahagiakan masyarakat diantaranya:

SI JELITA HATI (Pelayanan Jemput Akta kelahiran dan Kartu KIA di Rumah Sakit dan tempat bersalin)
PRODESAKU (Pelayanan Front Office Kependudukan di Desa dan Kelurahan) CDR (Cari Dekati Rekam) adalah Pelayanan perekaman bagi penduduk Disabilitas, sakit dan Lansia serta mengalami gangguan jiwa PEREKAT KACA adalah Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Ditingkat Kecamatan.


KETUK PINTU KUBUR adalah Kegiatan Pencatatan Buku Pokok Pemakaman dan Penerbitan Akte Kematian yang dilaksanakan oleh Lingkungan atau Dusun melalui Android, dan aplikasi Jelitaku.


“Inilah yang Disdukcapil Pinrang lakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi Dokumen Administrasi Kependudukan yang masyarakat sangat butuhkan selain itu, Pendaftaran layanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Pinrang lebih mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi JELITAKU dan sangat mudah diakses oleh semua pegawai serta masyarakat di manapun dan kapanpun,” terangnya kepada awak media pada Rabu kemarin.

Di samping itu, pengelolaan arsip yang dimiliki oleh Disdukcapil Pinrang, lanjut Andi Askari meliputi arsip dokumen empat bidang, pertama sekretariat pada Dinas Dukcapil Pinrang yaitu Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan dan Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.

“Semua dokumen sudah diarsipkan secara digital dan manual sehingga dapat mempermudah pencarian maupun mengupdate dokumen tersebut. Arsip digital dapat juga dilihat melalui Aplikasi JELITAKU yang juga dilengkapi fitur-fitur keamanan, sehingga mudah, aman, efektif dan efesien,” jelas Kadis pada saat di kantornya Jl. Jend. Sukowati No.40 Kel. Macorawalie, Kec. Watang Sawitto Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan

Secara terpisah, Kepala Bidang Pemanfaatan Data Disdukcapil Mamuju, Hj Hartini menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan kerja tersebut adalah dalam rangka melakukan kaji banding pengelolaan arsip digital pada Disdukcapil Kabupaten Pinrang sekaligus mempererat tali silaturrahim.

“ Alhamdulillah kedatangan kami disambut sangat baik oleh Kadis Andi Askari beserta jajarannya dan hal beberapa program yang beliau paparkan tadi telah memberikan dampak positif dalam mendekatkan pelayanan publik sehingga kehadiran pemerintah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.” Tutur Hj hartini yang didampingi Kabid Capil Mamuju, Hj. Jumaindar dan Kasi inovasi Petrus serta Kasubag perencanaan Disdukcapil Mamuju, Muzakkir (D-Je).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed